Amalan Bulan Rajab ~ Jadwal Pengajian, Info Pengajian Terbaru, Ahlussunah Wal Jama'ah

Rabu, 30 April 2014

Amalan Bulan Rajab

Habib Umar bin Hafidz


Bulan rajab, merupakan salah satu bulan yang istimewa bagi umat islam, yang memiliki tradisi Ahlussunah Wal Jama'ah. Banyak sekali amalan yang bisa kita niatkan, dibulan ini. Selain dikenal sebagai salah satu bulan yang bisa mendatangkan barokah dan mendekatkan dengan yang menciptakan hidup, bulan ini dikenal sebagai bulan "latihan" sebelum ramadhan datang.

Seorang muslim hendaknya berusaha mendapatkan keutamaan bulan yang mulia ini dengan beberapa hal, di antara yang paling penting :
1. Memperbanyak istighfar dan bertaubat dengan sungguh-sungguh.
2. Niat yang benar menghadap Allah swt dengan melakukan ketaatan dan meninggalkan maksiat.
3. Memerhatikan di setiap keadaannya dengan memperbaiki dan menjalankannya atas manhaj mengikuti Nabi Muhammad shollallahu alaihi wa sallam.
4. Memerhatikan dirinya dalam melaksanaan kewajiban, bagaimana cara pelaksanaan, sunnah, rowatib dan fokusnya hati di dalamnya.
5. Berusaha selalu sholat berjamaah di shof depan dan bertakbirotul ihrom setelah imam.
6. Memerhatikan dirinya dalam membaca al-qur'an, bagian dari bacaan serta mentadabburinya dan berusaha mengamalkan isinya.
7. Melazimi dzikir di waktu pagi, sore, setelah sholat dan di setiap keadaan yang berbeda.
8. Memerhatikan cara bersosialisasinya bersama keluarga, kerabat, teman, tetangga dan semua orang.
9. Puasa yang mudah baginya di bulan ini, khususnya hari senin, kamis dan ayyamul bidh ( tgl 13, 14 dan 15 setiap bulan hijriyyah ).
10. Bershodaqoh, perhatian kepada orang-orang faqir miskin dan berbuat baik kepada mereka.
11. Menggunakan malam-malamnya dengan ibadah khususunya menjelang fajar, semestinya di seperti bulan ini kita memiliki hal yang baik menjelang fajar agar masuk di golongan yang di puji Allah swt dalam al-qur'an dengan beristighfar menjelang fajar.

Kami memohon kepada Allah swt agar memberikan pemberian yang sempurna kepada kita di malam-malam dan bulan ini, dan menjadikan kita termasuk yang di terima dan beruntung di dunia dan akherat. Yaa Allah berkahi kami di rojab, sya'ban dan sampaikan kami pada bulan romadlon serta bantulah kami atas puasa dan ibadah.

0 komentar:

Posting Komentar